Minggu, 21 Mei 2023

Tingkatkan Produksi Padi, Petani Nagori Moho, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi Gelar Rapat 'Pola tanam Serentak'

SIMALUNGUN -SUMUT|| Dalam rangka meningkatkan hasil pertanian, para petani Nagori Moho kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Kabupaten Simalungun, Sumut, melaksanakan pertemuan untuk membahas Peningkatan Produksi hasil pertanian Padi. 

Rapat yang dihadiri para petani yang tergabung dalam kelompok tani ( Poktan) Kalpataru dan Poktan Anggrek itu dihadiri Pangulu Nagori Moho, Suprayogi, Babinkamtibmas Anthony Sihombing.  Yang menjadi pembicara pada pertemuan tersebut, PPL pertanian Kabupaten Simalungun Npk David cipta Sinaga, koordinator Kiswandi, juga di hadiri  Rudi selaku perwakilan dari PT. BINAGRO.

D. Simbolon, warga Moho, kepada Infocusnews. id, Minggu, (21/5/2023), menerangkan bahwa pertemuan berlangsung dengan baik, dan terlihat para peserta Rapat terlihat antusias mendengarkan pengarahan - pengarahan yang disampaikan Nara sumber. "Selain membahas  tentang pola tanam Serentak, Pertemuan itu juga sekaligus membahas dan mencari solusi bagaimana cara pola tanam padi yg baik," katanya.

Selain itu, sambung Simbolon, pertemuan yang berlangsung pada, Jumat tanggal 19 Mei 2023 itu juga  sekaligus membahas pengadaan benih padi varietas unggul dan jenis pupuk yang cocok untuk dipergunakan para petani.  Dan tidak lupa juga membahas langkah - langkah penanganan hama pada tanaman padi," tambahnya.

Arahan pangulu Nagori Moho, Suprayogi, berharap agar petani yg ada di Nagori Moho sepakat dan kompak melaksanakan program pola tanam serentak, yang tujuannya untuk mengantisipasi hama pada Tanaman padi dan sekaligus  mendongkrak hasil pertanian tersebut.

David Cipta Sinaga selaku PPL dengan Koordinator  Kiswandi dalam arahannya juga menegaskan akan tetap mengawasi dan memantau dan mengarahkan petani bagaimana cara pola tanam yang baik agar hasil panen maksimal. Mereka selalu penyuluh pertanian juga mengatakan akan tetap berkoordinasi dengan petani mulai penyemaian benih sampai tata cara perawatan padi tersebut.  Agar para petani tidak salah dalam perawatan. 

Begitu juga arahan dan pendapat dari Babinkamtibmas, Anthony Sihombing, yang menghimbau agar kiranya masyarakat petani Nagori moho bisa bersinergi untuk menerapkan pola tanam yg serentak. Di Penghujung pengarahan, Babinkamtibmas juga mengapresiasi antusias petani yg ada di Nagori Moho dalam hal mengikuti program tersebut. ••Inf//01- ( Darwin Simbolon)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.