Senin, 16 Januari 2023

Jembatan Penghubung Desa Sidongdong Dengan Desa Parmeraan Ambruk



 PALUTA - SUMUT|| Jalan dan jembatan adalah sarana transportasi masyarakat dalam melakukan aktipitas sehari - hari. Dan apabila kedua sarana tersebut rusak, maka akan terganggu aktipitas warga baik dia ke tempat usaha maupun kunjungan ke desa tetangga. 

Seperti halnya yang dialami masyarakat Desa Parmeraan Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara, dimana jembatan penghubung Desa Sidongdong menuju Desa Parmeraan di atas Aek Sirumambe rusak berat alias ambruk.

Begitu dalam pantauan kru media ini di lokasi, Senin, (16/01/2023). Dan informasi yang berhasil dikumpulkan tim, jembatan yang ambruk belum mendapat tanggapan dari Pemerintah. Seorang warga Desa Parmeraan yang kebetulan melintasi jembatan ambruk tersebut yang berinisial Br Harahap dan kawan - kawannya mengatakan, jembatan Aek Sirumambe sudah lebih dua tahun mengalami rusak berat, dan sampai kini belum ada perhatian Pemerintah Kabupaten untuk perbaikannya.

 Jembatan ini hanya satu - satunya sarana transportasi masyarakat Desa Parmeraan, Suka Dame dan Sitabar serta Desa lainnya di Kabupaten Tapanuli Selatan menuju pusat Pasar Ibukota Kecamatan Padang Bolak Julu yaitu Pasar Tradisional Batu Gana untuk memasarkan hasil kebun dan pertanian sekaligus mendapatkan kebutuhan pokok sehari - hari seperti sembako.

Saat ditanya harapan warga tentang rusaknya jembatan tersebut beliau menjawab agar secepatnya dilakukan perbaikan yang memungkinkan kedepan semakin parahnya akibat hantaman arus sungai dari haluan. Dikabarkan pula penyebab terjadinya jembatan rusak adalah hantaman arus sungai Aek Sirumambe terhadap salah satu pondasi yang mengakibatkan pondasi jatuh.

Begitu juga keterangan Kepala Desa Parmeraan Amarul Yasir Harahap membenarkan hal tersebut saat di konfirmasi melalui pia WA.

Kepada Dinas Terkait yakni Dinas PUPR Kab Padang Lawas Utara peduli akan keluhan masyarakat pengguna demi kelancaran transportasi dan antisipasi menelan korban karena jembatan tersebut sudah tidak layak pakai lagi. •• Inf-01/ EH

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.