Rabu, 13 Desember 2023

Bupati Simalungun Diduga Takut Copot Kapuskesmas Tiga Balata Atas Dugaan Pungli Biaya Akreditas Puskesmas

SIMALUNGUN | Infocusnews.id - Terkait dugaan pungutan liar yang diduga dilakukan Kepala Puskesmas (Kepuskesmas) Tiga Balata, Kecamatan Jorlang Hataran Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) Emma Tambunan kepada Tenaga Kesehatan yang Aperatur Sipil Negara (ASN) maupun Tenaga Honorer sebesar Rp 200 - Rp 700 berkedok biaya Akreditasi, sebagaimana yang telah dipublikasikan awak media siber (media online) lokal maupun nasional yang bahkan viral di Kabupaten Simalungun, ada dugaan Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga takut copot Kapuskesmas Emma Tambunan. 

Hal ini secara Tegas disampaikan Kadiv Litbang dari Lembaga Komnas Tipikor Nusantara MMW, Selasa (12/12) kepada awak media ini. 

"Pasalnya sejak viralnya berita ini malah Bupati tinggal diam dan tidak berani menjawab konfirmasi dari media ini, " Ucap Kadiv Litbang dari Lembaga Komnas Tipikor Nusantara MMW. 


Diketahui pada pemberitaan sebelumnya dugaan pungutan yang telah terjadi di Lembaga Kesehatan tersebut di atas, awak media telah mencoba mengkonfirmasi Kepala Dinas Kesehatan (KadisKes) Kabupaten Simalungun Edwin Simanjuntak, Selasa (21/11), pukul 14.35 Wib melalui pesan singkat terkait pungli yang dilakukan Kapuskesmas Emma Tambunan terhadap Tenaga Kesehatan yang ASN maupun Honorer sebesar Rp 200 - Rp 700 berkedok biaya Akreditasi, hingga berita ini diturunkan kemeja redaksi, Kadis Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Simalungun, Edwin Simanjuntak tersebut belum juga memberikan balasan jawaban alias bungkam seribu bahasa.

Untuk mempertanyakan apakah benar dalam kegiatan Akreditasi Puskesmas untuk tahun 2023, dikenakan biaya administrasi atau biaya lainnya dapat dibebankan oleh Lembaga Kesehatan yang ASN maupun Honorer

"Namun, amat disayangkan, ketika dikonfirmasi berharap dapat jawaban selaku Kadis Kesehatan Simalungun, Edwin Simanjuntak, yang lebih memahami akan teknis proses Akreditasi Puskesmas di Lembaga Kesehatan tidak dapat diraih, melainkan dirinya hanya bungkam tidak mau membalas konfirmasi wartawan, " Kadiv Litbang Komnas Tipikor Nusantara inj. 

Untuk kita dari Lembaga Komnas Tipikor Nusantara, minta Kapolres Simalungun AKBP Ronald C. Sipayung melalui Unit Tipikor segera usut dugaan pungli yang dilakukan Kapuskesmas Tiga Balata Emma Tambunan yang juga diduga Kong kali Kong dengan Kadiskes Simalungun Edwin Simanjuntak. 

" Atas Nama Tokoh Masyarakat Meminta Tipikor Polres Simalungun segera mengusut dugaan Pungli di Lingkungan UPTD Kesehatan Tiga Balata, " pinta MMW

Sebab hal dugaan pungli tersebut sangat membebani tenaga kesehatan ASN, Honorer, maupun Tenaga Harian Musiman. 
Tidak hanya itu, pungli biaya Akreditasi jelas telah melanggar Keputusan Menteri Kesehatan, KMK No HK 01 07 MENKES 110 2023 TTG Tarif Survei Akreditasi Puskesmas. 

"Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan terkait biaya Survey Akreditasi Puskesmas untuk tahun 2023 dialokasikan dari Pemerintah Kabupaten pembiayaan pendanaannya dialokasi melalui DAU dan DAK Non Fisik, " Ucap MMW. 

Sementara Kapuskesmas Tiga Balata Emma Tambunan dikonfirmasi terkait dugaan pungli yang dilakukannya diduga Kong kali kong dengan Kadiskes Simalungun mengatakan hal itu tidak benar. Sekalian meminta awak media ini agar datang menemui dirinya ( red, Kapus) di Kantornya di Tiga Balata. 

"Bapak jangan asal tuduh, Biar ini selesai ,datanglah ke kantor sekarang ya Pak
Ini tidak ada urusan dengan Pak kadis Pak, " Ucap Emma kepada media ini.(MW)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.